Hidup Untuk Berbagi

PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA DALAM IPTEK

A.          PERKEMBANGAN ILMU DAN TEKNOLOGI

-          Ingat sejarah filsafat

-          Kini ilmu pengetahuan bersama anaknya, IPTEK, dengan temuan-temuannya melaju pesat, mendasar, spektakuler. Iptek tidak lagi hanya sbg sarana kehidupan tetapi sekaligus sbg kebutuhan kehidupan manusia. Bersamaan dengan itu iptek telah menyentuh seluruh segi dan sendi kehidupan, dan akan merombak budaya manusia scr intensif , yg berakibat terjadinya perbenturan tata nilai dlm aspek kehidupan.

Fenomena perombakan tsb, misalnya :

a.         dr budaya agraris-tradisional àbudaya industri modern. Peran mitos digeser oleh peran logos / akal. Yg dituntut adl prestasi, siap pakai, keunggulan kompetitif, efisiensi, produktif dan kreatif, melupakan kaidah-kaidah normatif.

b.        Dr budaya nasional-kebangsaan à budaya global-mondial. Visi, misi, nilai-nilai universal lepas dr ikatan-ikatan primordial kebangsaan, keagamaanà akibatnya luntur nasionalisme dan kepribadian bangsa.

B.           PENGEMBANGAN IPTEK BERDASAR PANCASILA

PERLU DIPERHATIKAN TIGA ASPEK IPTEK :

1.      ASPEK ONTOLOGIS, Secara langsung keberadaan ilmu merup. Aktivitas manusia yg tidak pernah berhenti dalam menentukan dan mencari kebenaran dan kenyataan . Aktivitas tsb akan melibatkan masyarakat, memiliki proses ttn, dan akan menghasilkan suatu produk ttn. Secara tdk langsung keberadaan ilmu disebabkan oleh adanya Tuhan, shg kebenaran yang diusahakan oleh iptek seharusnya tdk kontradiksi dg nilai ketuhanan dan kemanusiaan.

2.      ASPEK EPISTEMOLOGI,

Nilai-nilai Pancasila dijadikan sbg metode berfikir, sbg dasar dan arah dlm mengembangkan iptek.

3.      ASPEK AKSIOLOGI,

Kemanfaatan dan pengembangan iptek tidak boleh bertentangan dg ideal Panc, dan mendukung, mewujudkan nilai-nilai ideal Pancasila.

C.           SYARAT DAN KONDISI DIKEMBANGKANNYA IPTEK YG PANCASIALIS.

1.      Adanya keyakinan akan kebenaran nilai-nilai Pancasila, dalam diri setiap ilmuwan

2.      Adanya situasi yang kondusif scr kultural, yaitu harus adanya semangat pantang menyerah untuk mencari kebenaran ilmiah yg belum selesai, dan adanya kultur bahwa disiplin merupakan suatu kebutuhan bukan sbg beban atau paksaan.

3.      Adanya situasi yang kondusif scr struktural, bahwa PT harus terbuka wacana akademisnya, kreatif, inovatif, dan mengembangkan kerja sama dengan bidang-bidang yg berbeda

KESIMPULAN :

PANCASILA DAN IPTEK TDK DPT DITEMPATKAN SCR DIKOTOMIS, PANCASILA TANPA SIKAP KRITIS DARI ILMU, AKAN MENJADIKAN PANC SBG SST YG REPRESIF DAN KONTRAPRODUKTIF. SEBALIKNYA IPTEK TANPA DIDASARI DAN DIARAHKAN OLEH NILAI-NILAI PANCASILA AKAN KEHILANGAN ARAH KONSTRUKTIFNYA DAN AKAN TERDISTORSI MENJADI SESUATU YANG AKAN MELAHIRKAN AKIBAT-AKIBAT FATAL BAGI KEHIDUPAN MANUSIA.

http://ilerning.com/index.php?option=com_content&view=article&id=943:pancasila-sebagai-paradigma-pengembangan-iptek-&catid=51:pendidikan-pancasila&Itemid=77

ERVITA

Pancasila sebagai Paradigma Pengembangan IPTEK

Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi (Iptek) pada hakikatnya merupakan suatu hasil kreativitas rohani manusia. Unsur rohani (jiwa) manusia meliputi aspek akal, rasa, dan kehendak. Akal merupakan potensi rohaniah manusia dalam hubungannya dengan intelektualitas, rasa dalam bidang estetis, dan kehendak dalam bidang moral (etika). Tujuan yang esensial dari Iptek adalah demi kesejahteraan umat manusia, sehingga Iptek pada hakekatnya tidak bebas nilai namun terikat oleh nilai. Pengembangan Iptek sebagai hasil budaya manusia harus didasarkan pada moral Ketuhanan dan Kemanusiaan yang adil dan beradab.

-         Sila Ketuhanan Yang Maha Esa, mengkomplementasikan ilmu pengetahuan, mencipta, keseimbangan antara rasional dan irasional, antara akal, rasa dan kehendak. Berdasarkan sila ini Iptek tidak hanya memikirkan apa yang ditemukan, dibuktikan dan diciptakan tetapi juga dipertimbangkan maksud dan akibatnya apakah merugikan manusia dengan sekitarnya.

-         Sila Kemanusiaan yang adil dan beradab, memberikan dasar-dasar moralitas bahwa manusia dalam mengembangkan Iptek harus bersifat beradab. Iptek adalah sebagai hasil budaya manusia yang beradab dan bermoral.

-         Sila Persatuan Indonesia, mengkomplementasikan universalia dan internasionalisme (kemanusiaan) dalam sila-sila yang lain. Pengembangan Iptek hendaknya dapat mengembangkan rasa nasionalisme, kebesaran bangsa serta keluhuran bangsa sebagai bagian dari umat manusia di dunia.

-         Sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan mendasari pengembangan Iptek secara demokratis.  Artinya setiap ilmuwan harus memiliki kebebasan untuk mengembangkan Iptek juga harus menghormati dan menghargai kebebasan orang lain dan harus memiliki sikap yang terbuka untuk dikritik, dikaji ulang maupun dibandingkan dengan penemuan ilmuwan lainnya.

-         Sila Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, mengkomplementasikan pengembangan Iptek haruslah menjaga keseimbangan keadilan dalam kehidupan kemanusiaan yaitu keseimbangan keadilan dalam hubungannya dengan dirinya sendiri, manusia dengan Tuhannya, manusia dengan manusia lainnya, manusia dengan masyarakat bangsa dan negara serta manusia dengan alam lingkungannya.

Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan POLEKSOSBUDHANKAM Hakikat manusia merupakan sumber nilai bagi pengembangan POLEKSOSBUDHANKAM. Pembangunan hakikatnya membangun manusia secara lengkap, secara utuh meliputi seluruh unsur hakikat manusia monopluralis, atau dengan kata lain membangun martabat manusia.

Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan POLEKSOSBUDHANKAM

http://andriedwicn.wordpress.com/2009/12/05/56/

About these ads

3 responses

  1. thanks udah buat blog yg unik ya, musiknya aku suka. dan bahan topiknya juga yang aku cari” :)

    26 September 2012 pukul 2:49 am

    • mkasih….

      27 September 2012 pukul 2:32 pm

  2. makasihh sangat membantu :)

    22 Januari 2013 pukul 8:52 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s