Hidup Untuk Berbagi

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN

Pendidikan Perempuan merupakan suatu upaya yang dilakukan dalam rangka transformasi pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, nilai, dan budaya pada kaum perempuan agar dapat mempertahankan kehidupan, memahami keseimbangan antara hak dan kewajiban, meningkatkan daya saing sehingga mampu berpartisipasi aktif dalam program pembangunan nasional. Program pendidikan perempuan berada pada Sub. Direktorat Pendidikan Perempuan, Direktorat Jenderal Pendidikan Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal, Departemen Pendidikan Nasional.

Sasaran

Sasaran Program Pendidikan Perempuan adalah Perempuan semua usia yang tidak memiliki kemampuann/keterampilan, miskin dan rawan terhadap tindak diskriminasi/kekerasan/trafiking.

 

 

Tantangan Pendidikan Perempuan

  1. Masih tingginya tingkat buta aksara perempuan, sehingga menghambat mereka dalam mengakses kesempatan kerja/berusaha.
  2. Adanya keyakinan nilai budaya yang memandang perempuan hanya sebagai ibu rumah tangga ( tugas domestik), sehinggga tidak perlu mencari kehidupan ekonomi karena itu tugas laki-laki.
  3. Tertinggalnya tingkat pendidikan perempuan berdampak terhadap rendahnya kualitas hidup perempuan. Kondisi ini membawa turunan yang signifikan tentang ketertinggalan perempuan dalam setiap bidang kehidupan.
  4. Adanya diskriminasi perlakuan dan kebijakan terhadap perempuan dalam melakukan usaha produktif.
  5. Kurangnya semangat daya saing dan keberanian di kalangan perempuan yang disebabkan ketimpangan perlakuan dan pandangan masyarakat terhadap perempuan sehingga menurunkan tingkat prestasi dan partisipasi perempuan dalam berbagai bidang pembangunan.
  6. Terbatasnya kesempatan yang diberikan kepada perempuan dalam melakukan berbagai bidang pembangunan, sehingga kreativitas dan inovasi perempuan dalam proses pembangunan tidak optimal.

Kebijakan Pendidikan Perempuan

Kebijakan Pendidikan perempuan diarahkan pada 3 aspek pembangunan pendidikan perempuan yaitu peningkatan dan perluasan akses pendidikan bagi perempuan pada semua jenis, jenjang dan jalur pendidikan. Meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan perempuan serta meningkatkan akuntabilitas pendidikan permpuan melalui perbaikan pengelolaan kelembagaan pendidikan perempuan.

Program Subdit Pendidikan Perempuan

  • Program Peningkatan Kecakapan Hidup Perempuan (Kegiatan Peningkatan kesejahteraan perempuan, Peningkatan Pendapatan  Ekonomi Perempuan (PPEP), Negosiasi)
  • Program Pendidikan Keluarga (Program Pendidikan Keluarga Berwawasan Gender-PKBG)
  • Program Peningkatan Kapasitas Pendidikan Perempuan dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan
  • Program Pendidikan Adil Gender Bagi Perempuan
  • Program Penguatan dan Pengembangan Kelembagaan Pendidikan Perempuan (kegiatan Perumusan Kebijakan Pemberdayaan Perempuan Bidang Pendidikan, Konsolidasi dan koordinasi Program Pendidikan Perempuan dengan instansi terkait).
  • Program Pendidikan Pencegahan Trafiking
  • Program Pendidikan Kesehatan (HIV/ Aids, Kesehatan Reproduksi, Kesehatan Lingkungan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s