Hidup Untuk Berbagi

SENTUHAN ORANG-ORANG PENGUBAH DUNIA INTERNET

Saat ini internet sudah bukan hal yang asing lagi bagi seseorang, bahkan dunia internet mampu menjadikan penggunanya mendapatkan pekerjaan yang menguntungkan. Kegiatan yang konvensional sekarang sudah diimprovisasi oleh “penjelajah dunia” secara maya ini. Mulai dari komunikasi, permainan, referensi, semuanya dapat kita lakukan melalui internet. Internet juga sudah mampu mengubah hidup seseorang dari segi sosial, mental, knowledge bahkan sampai fisik seseorang.
Tapi sebagian banyak orang masih belum mengetahui siapa orang yang paling berjasa pada dunia maya yang sering kita kunjungi ini (Internet). Berikut ini orang yang paling berpengaruh pada dunia internet.

Vint Cerf dan Bob Kahn (TCP/IP)
Jika tidak ada beliau, maka dunia pun tidak akan secanggih seperti jaman sekarang dan internet pun sepertinya tidak akan pernah ada. Bapa Internet Vint Cerf, bersama Bob Kahn menciptakan TCP / IP, yang pada dasarnya merupakan protokol untuk komputer agar bisa saling berkomunikasi. satu dengan yang lainnya dalam suatu jaringan. Vint Cerf pernah berkata bahwa “internet hanyalah cermin dari populasi dan spam merupakan efek samping dari layanan gratis”.

Tim Berners-Lee (Pembuat WWW)
Beliaulah yang menjadikan kita mampu untuk melakukan “surfing” di dunia intenet. Beliau menulis script web client dan web server untuk pertama kalinya dan mendesignnya agar mampu menghasilkan suatu hyperlink atau hypertext . Beliau sekarang mempertahankan standar untuk web dan terus menyempurnakan rancangannya. Sekarang beliau menjadi direktur dari World Wide Web Consortium (W3C).

Ray Tomlinson (E-Mail)
Untuk para pengguna Email, berterima kasihlah pada “Bapa Email” ini, berkat beliaulah kita dapat mengirimkan pesan elektronik tanpa perlu repot untuk mengirimnya. Programmer Ray Tomlinson, memungkinkan untuk bertukar pesan antara mesin di lokasi yang beragam; di seberang benua, dan lautan. Beliau merancang simbol “@” untuk alamat e-mail.

Michael Hart (Perancang E-book)
Bagi para “Kutu Buku Eletronik” wajib berterima kepada orang ini. berkat beliaulah kita sering mendapatkan referensi yang mudah, praktis, fleksibel. E-book juga merubah cara baca seseorang

Gary Thuerk (Spam)
Spam dibuat secara tidak sengaja, Gary Thuerk mengirimkan e-mailnya berturut-turut kepada customernya melalui ARPANET untuk mempromosikan produknya. Beliau tidak mengira bahwa email kirimannya merupakan sebuah spam. Banyak yang mengira bahwa spam merupakan hal yang jahat pada sebuah internet. Definisi ini tidak selalu benar, karena pada dasarnya spam merupakan teknik pemasaran yang sangat baik dalam dunia internet untuk mempromosikan produknya.

Scot Fahlman (Emoticon)
Bagi para pengguna komunikasi mungkin tidak akan se-interaktif dan se-komunikatif sekarang jika Scot Fahlman tidak menciptakan Emoticon. Beliau merancang emoticon dengan kode basis ASCII. Menurut beliau ini akan membantu untuk membedakan antara posting yang harus diambil bercanda dan mereka yang bersifat lebih serius. Sekarang, semua orang menggunakan mereka dalam program-program messenger, chat room, dan e-mail.

Marc Andreessen (Netscape Navigator)
Marc Andreessen merevolusi navigasi Internet atau yang sering kita sebut sebagai web browser. Dia datang dengan Web browser pertama yang banyak digunakan yaitu Mosaic yang kemudian dikomersilkan mejadi Netscape Navigator. Marc Andreessen juga salah satu pendiri dan ketua Ning dan seorang investor Digg, Plazes, dan Twitter.

Jarko Oikarinen (IRC)
Untuk para chatter sejati, berterima kasihlah pada Jarko Oikarinen. Karena beliaulah kita mampu berkomunikasi secara online dan Real-Time. Di Finlandia, alat ini dikenal sebagai IRC (Internet Relay Chat). IRC mulai populer pada tahun 1991. Pada saat Iraq menyerang Kuwait, sehingga sinyal radio dan TV putus. berkat IRC lah distribusi informasi selalu up-to-date.

Robert Tappan Morris (Worm)
Ternyata pada dunia internet kejahatan pun ada, dan itu sangat berpengaruh. Konsep virus worm adalah unik dibandingkan dengan hacking konvensional. yaitu alih-alih masuk ke jaringan mereka sendiri, lalu mengirimkan sebuah program kecil berbentuk kode untuk melakukan pekerjaan itu. Dari konsep ini, Robert Tappan Morris menciptakan Worm Morris. Itu salah satu virus worm pertama untuk dikirim keluar melalui internet yang secara tidak sengaja menyebabkan kerugian ribuan dolar dan “hilangnya produktivitas” ketika dirilis di tahun 80-an.

David Bonhett
David Bohnett mendirikan GeoCities pada tahun 1994, bersama dengan John Rezner. Ini berkembang menjadi komunitas terbesar di Internet. Beliau memelopori dan memperjuangkan konsep pemberian halaman rumah gratis untuk semua orang di web. Sayangnya perusahaan ini menutup layanan pada tanggal 27 Oktober 2009.

Ward Cunningham (Wiki)
Ward Cunningham mengembangkan wiki pertama sebagai cara untuk membiarkan orang berkolaborasi, membuat dan mengedit halaman online bersama. Cunningham nama wiki setelah kata Hawaii untuk “cepat.” Ia mulai menulis perangkat lunak WikiWikiWeb tahun 1994 dan memasangnya di situs web konsultan perangkat lunak miliknya Cunningham & Cunningham (dikenal dengan nama domainnya c2.com) pada 25 Maret1995.

Sabeer Bhatia (Hotmail)
Sabeer Bhatia mendirikan Hotmail di mana huruf besar pada bahasa HTML-yang digunakan untuk menulis dasar sebuah halaman web. Ia menjual layanan e-mail gratisnya ke Microsoft sebesar $ 400 juta. Ia dianugerahi “Entrepreuner of the Year” oleh Draper Fisher Jurvertson pada tahun 1998 dan telah dicatat oleh TIME sebagai salah satu “People to Watch” dalam bisnis internasional pada tahun 2002. akuisisinya yang paling menarik dari 2009 adalah Jaxtyr yang ia percaya menyalip Skype dalam hal global free call.

Matt Drudge (The Drudge Report)
Matt Drudge memulai situs agregasi berita Laporannya dengan kerja keras tulang. Situsnya populer ketika ia menyampaikan kabar yang kemudian menjadi skandal Monica Lewinsky. Drudge Report adalah situs agregasi berita terdiri dari link sejarah Amerika Serikat dan media mainstream internasional tentang politik, hiburan, dan peristiwa terkini serta link ke banyak kolumnis.

Larry Page dan Sergey Brin (Google)
Siapa yang tak kenal kata “google”. Google merupakan Search Engine pertama yang mulai dikenal pada saat internet muncul, Jasanya sangatlah banyak dan benar-benar mempengaruhi dunia internet. Larry Page dan Sergey Brin mengubah cara kita mencari dan menggunakan internet. Mereka bekerja sebagai tim yang mulus di bagian atas raksasa pencarian. Perusahaan mereka berkembang pesat setiap tahun sejak itu dimulai. Page dan Brin mulai dengan dana mereka sendiri. Mereka kemudian mendapatkan investasi swasta melalui Stanford. Sampai saat ini Google masih menjadi “Raja Search Engine”.

Bill Gates
Siapa yang tak tahu Bapa Microsoft ini. Bill Gates mendirikan perusahaan perangkat lunak yang disebut “Micro-Soft”. Yaitu kombinasi antara “perangkat lunak” dan “komputer mikro.”, Bill Gates mengembangkan GUI baru (Graphical User Interface) untuk sistem operasi disk. Ia menyebutnya gaya baru Windows. Ini sangat mempengaruhi dunia internet, karena sampai saat ini GUI masih menjadi satu-satunya cara bagaimana pengguna berinteraksi dengan komputer dengan sangat baik.

Steve Jobs (Apple)

Steve Jobs membuat ide inovatif dari komputer pribadi membawanya ke merevolusi perangkat keras komputer dan industri perangkat lunak. Pendiri Apple ini mengubah cara kita bekerja, bermain dan berkomunikasi. Beliau membuat desain web sederhana dan rapi bergaya.Fokus Apple dan Steve Jobs adalah determinasi, jenius ,kreatif, inovatif, spirit, dan tujuan yang jelas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s