Hidup Untuk Berbagi

Beberapa Hantu Yang Terkenal Dari Indonesia

Kali ini saya akan berbicara hal mistis, gaib, menakutkan, spooky dah pokoknya. Pada posting ini, akan kita bicarakan tentang hantu – hantu yang paling terkenal di Indonesia. Kalo kita biasa mengenal hantu atau mahluk gaib Import seperti Drakula, Vampire, dan sebagainya, maka kita harus juga mengenal hantu dalam negeri, tentu saja dalam rangka mendukung program pemerintah cintai produk dalam negeri.. hehehehehe.

Langsung saja yak, siap-siap merinding dah (buat yang penakut) berikut ini adalah Hantu Paling Terkenal di Indonesia :
kuntilanak
Kuntilanak
Siapa yang tidak kenal dengan mahluk gaib yang satu ini. Kuntilanak. Nama kuntilanak merupakan gabungan dari 2 kata : Kunti dan Anak, adalah hantu yang dipercaya terbuat atau tercipta akibat kematian seorang wanita yang tengah hamil, atau meninggal akibat melahirkan. Sosok Kuntilanak digambarkan sebagai perempuan (kenapa gak ada kuntilanak yang laki-laki ya?) berambut panjang awut-awutan, memakai baju jubah warna putih yang menutupi seluruh kaki dan tangannya. Disebutkan bahwa Kuntilanak paling suka nangkring (Dugem kali ya nangkring) di pohon-pohon besar, terutama pohon Nangka. Ada beberapa versi dari kuntilanak ini, seperti kuntilanak yang suka menghisap darah, kuntilanak yang suka mencuri bayi, dan kuntilanak yang punggungnya berlubang (sundel bolong). Kuntilanak dipercaya bisa ditaklukkan dengan cara menancapkan paku panjang di ubun-ubun kepalanya (lagian siapa lagi yang sempat masang paku saat bertemu langsung ma kuntilanak, yang ada pasti ngibrittttttttttttt). Begitu tenarnya Kuntilanak, maka pantas jika hantu wanita yang satu ini sebagai hantu paling tenar di Indonesia.
ganbar pocong
Pocong
Nah ini dia mahluk yang juga sangat ngetop sebagai hantu selebritis. Kok hantu selebritis? Soalnya, hantu yang satu ini lagi laris manis dijadikan objek film (kuntilanak juga laris). Sosok Pocong digambarkan sebagai mahluk yang seluruh tubuhnya dari ujung kaki sampai ujung kepala diikat dan dibalut oleh kain kafan. Ada beberapa versi dari Pocong, seperti bahwa pocong tidak memiliki wajah, versi lain menggambarkan bahwa pocong adalah mahluk yang wajahnya tengkorak, wajahnya tengkorak yang tidak memiliki mata, jadi hanya tinggal rongga-rongga nya saja. Versi lain menyebutkan bahwa pocong memiliki wajah pucat kaku dengan tatapan mata kosong, lubang hidung yang ditutupi kapas (ada juga yang menyebut matanya ditutup kapas). Begitu beragamnya mode dari Pocong ini, tapi ada kesamaan tentang pocong, yaitu : Tubuhnya dibungkus kain putih, dan jalannya loncat-loncat kayak kelinci.
gambar tuyul
Tuyul
Mahluk yang satu ini bisa dikatakan hantu paling kecil diantara hantu yang lainnya. Tuyul sudah dikenal sejak jaman baheula sebagai mahluk yang suka mencuri uang. Sosok tuyul digambarkan sebagai mahluk berujud kecil seperti anak kecil, dengan kepala yang gundul, dan tingkah polahnya seperti anak nakal. Ada yang menyebutkan bahwa tuyul tingginya tidak mencapai 1 jengkal, namun ada juga yang menggambarkan tuyul sebagai mahluk sebesar bayi tapi bisa berjalan. Tuyul dipercaya bisa dipakai sebagai alat untuk memperkaya diri via jalan mistis dengan memanfaatkan kesukaan Tuyul mencuri.
Tuyul cukup populer dipakai sebagai objek entertainment, seperti dibuat sebagai salah satu tokoh dalam berbagai drama, sinetron dan film.
gambar suster ngesot
Suster Ngesot
Hantu ini melejit pamornya menjadi selebritis Hantu setelah difilmkan alias dibuatkan film dengan judul yang sama : Suster Ngesot. Hantu ini digambarkan sebagai hantu berbentuk perawat di rumah sakit, namun berjalan ngesot. Sejarah suster ngesot ini cukup unik, dimana suster ngesot tercipta akibat pembunuhan terhadap suster tersebut. Sosok suster ngesot digambarkan memakai baju perawat warna putih-putih, wajahnya selalu kebawah dan rambutnya berantakan. Namun jika wajahnya terlihat yang terlihat adalah wajah mengerikan seorang perempuan dengan mata yang melotot tajam dengan wajah yang dilumuri darah. Kadang kala suster ngesot suka mengacung-ngacungkan tanganya ke orang yang bisa melihatnya seolah meminta tolong (atau minta sedekah?).
gambar genderuwo
Genderuwo
Hantu ini bisa dibilang hantu yang cukup mengerikan. Memiliki sosok sebesar Gorila raksasa dengan tubuh yang dipenuhi bulu. Wajahnya menyeramkan dengan taring-taring yang panjang. Kuku jarinya panjang dan tajam layaknya pisau. Digambarkan sebagai hantu yang suka tinggal dipohon-pohon besar. Suka mencari mangsa manusia dan suka menghisap darah manusia. Menurut legenda, genderuwo terkenal ganas dan kejam.

Sebenernya masih buanyakkkk hantu-hantu made in Indonesia, bahkan setiap daerah memiliki hantu populer sendiri, hantu-hantu lain yang cukup terkenal adalah : Buto Ijo, Wewe Gombel, Leak, Siluman, dan lain-lain. Namun, 5 Hantu diatas bisa disebut sebagai 5 Hantu Paling Populer di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s