Hidup Untuk Berbagi

Tips Agar Printer Tetap Awet

cara merawat printer

Hai sobat,,,,gimana kabarnya nih,,??kali ini saya akan memberikan sedikit tips tentang Merawat printer,merawat printer tidaklah sesulit kedengaranya, bahkan bisa dianggap mudah, dan kalau perawatannya kita lakukan dengan benar, maka umur printer akan bertambah.Berikut tips merawat printer, khususnya inkjet yang umum digunakan.

1.Jaga kebersihan printer, Agar umur printer lebih panjang, tentunya kita harus rajin-rajin membersihkannya, bersihkan bodi printer yang kotor dengan kuas atau kain. Printer harus dalam kondisi mati saat kita membersihkannya.

2.Printer jangan nganggur, jangan sampai printer kita tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Paling tidak, dua hari sekali printer digunakan untuk mencetak, tidak hanya warna hitam, tapi semua warna. Hal ini dilakukan untuk mencegah tinta printer mengering atau menggumpal di head printer.

3.Jangan mencetak dengan kertas rusak atau kotor, selalu gunakan kertas yang masih layak untuk digunakan yang tidak lecek atau kotor pastinya, sebab apabila kertas yang kita gunakan lecek nanti bisa tersangkut atau sering kita dengar dengan sebutan paper jam. Pastikan juga kertas yang kita gunakan adalah kertas yang bersih , karena kalau kertasnya kotor nanti bisa-bisa kotoran tersebut menempel di head printer yang menyebabkan tinta jadi macet.

4.Jangan biarkan catridge kosong, Jangan sampai catridge benar benar kosong. Segera isi ulang kalau tinta di dalam catridge mulai kosong.Tips ini juga berlaku untuk yang menggunakan tinta isi ulang.

5.Jangan pernah sentuh PIN CMOS, karena pin ini akan rusak kalau kena listrik stastic dari tubuh kita, pin ini sudah diberi tanda tangan yang disilag, yang artinya tidak boleh disentuh.

6.Jangan sembarangan dalam mematikan printer, Mematikan printer harus sesuai dengan aturan, yaitu menekan tombol off barulah mencabut kabel yang terhubung dengan listrik. Jangan langsung mencabut kabel listriknya, kalau hal ini sering dilakukan maka BIOS komputer bisa eror, lebih parah nya bios rusak secara fisik. Bahaya lainnya adalah saat kita mencabut kabel langsung, posisi head printer saat itu mungkin belum pada posisi yang seharusnya. Akibatnya, tinta mengendap dan mengering pada head.

7.Hindari dalam menggonta ganti merek tinta, gunakan tinta dengan merek yang sama dengan tinta yang digunakan sebelumnya. Dan kalau memang berniat menggunakan merek baru, pastikan catridge benar-benar kosong barulah mengisi tinta dengan merek baru. Gonta ganti merek tinta , dapat menyebabkan tinta menggumpal di head.

Sekian Tips agar printer tetap awet….tunggu tips berikutnya ya…:)
cewek printer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s