Hidup Untuk Berbagi

Beberapa Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

jurusan ku
Hai Sobat kali ini saya akan memberikan Beberapa Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat – Saat ini, bagi beberapa siswa kelas 3 SMA atau SMK yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi yaitu bangku kuliah sedang dilanda kesibukan, kegundangan, kebingungan bahkan kegalauan disaat akan memilih jurusan kuliah yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan.

tips memilih jurusan kuliahMelihat situasi tersebut, membuat saya ingin memberikan sedikit tips dan pengalaman ketika akan memilih jurusan kuliah yang cocok bagi Anda, dan nanti hasil ke depannya juga akan maksimal.

Karena berdasarkan pengalaman dari orang-orang, mereka yang kuliah hanya asal kuliah ternyata dalam memilih jurusan kuliah tidak sesuai dengan yang diharapkan, ada beberapa kasus contohnya :

Saat memilih jurusan kuliah, mereka dipaksa oleh orang terdekat dan dalam hal ini adalah orang tua.
Ikut-ikut temannya saat memilih jurusan kuliah.
Terpaksa memilih jurusan tersebut, karena tidak diterima di jurusan yang diharapkan.
Gengsi, karena menurut mereka kalau jurusan itu adalah jurusan yang “Wah..”
Ternyata jurusan yang diambilnya menakutkan, atau terlalu sulit

Mungkin itu beberapa penyebab bagi mereka yang kuliah tidak sesuai dengan apa yang seharusnya dilakukan oleh seorang mahasiswa.

Nah, dari beberapa masalah diatas, saya akan memberikan beberapa tips memilih jurusan kuliah yang tepat, berikut tipsnya dan silahkan pilih salah satu saja :

1. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan bakat atau hoby Anda.

Ketika Anda memiliki bakat atau hoby dan anda akan mendalaminya dengan memilih jurusan tersebut, dalam perjalanan perkuliahan pun Anda akan menikmatinya dengan senang hati. Bahkan Anda tidak merasakan jika Anda sedang kuliah, dan Anda tidak akan terbebani jika ada tugas-tugas kuliah yang menumpuk, karena tugas itu Anda anggap sebagai hoby atau bagian dari bakat Anda. Sebagai contoh : Jika Anda memiliki hoby atau bakat menggambar, Anda lalu melanjutkan ke perguruan tinggi dengan memiliki Jurusan Seni, tentunya Anda akan merasa nyaman dan menikmatinya.

2. Pilihlah jurusan yang memang dibutuhkan dalam waktu kurang lebih 5 tahun lagi. (Anggap saja Anda kuliah selama 5 tahun😀 )

Tips yang satu ini, adalah dengan melihat ke depan, kira-kira prospek usaha/pekerjaan yang paling dibutuhkan ketika saya lulus nanti apa ya? Itu lah yang akan menjadi dasar Anda ketika akan memilih jurusan kuliah. Sebagai contoh : Misalnya ke depan itu akan serba teknologi, lalu Anda mengambil keputusan kalau jurusan yang harus Anda pilih adalah seputar IT (Teknologi Informasi), nah meskipun dalam hal ini Anda belum menguasai IT, tapi anda sudah memiliki semangat dan tekad untuk mampu mendapatkan hasil yang maksimal nanti setelah lulus kuliah. Dan pada akhirnya skill Anda akan dibutuhkan pada masa itu.

3. Pilihlah jurusan yang memang Anda anggap baik dan Anda ingin mendalaminya.

Sebenarnya tidak ada jurusan kuliah yang tidak baik, karena Jurusan Kuliah itu baik semua. Tapi mungkin Anda beranggapan bahwa jurusan A itu lebih baik dari B karena seperti ini seperti ini dan lain sebagainya. Nah jika Anda sudah memiliki pemikiran seperti ini, Anda tentu akan tertarik untuk mendalaminya, meskipun Anda belum menguasainya. Jika sudah seperti ini, anda akan merasa nyaman dalam kuliah dan selalu ada tantangan tersendiri yang anda nikmati. Sehingga pada akhirnya hasilnya pun akan maksimal.

Mungkin ketiga tips itu cukup untuk dijadikan pedoman atau wacana bagi Anda yang akan memilih jurusan kuliah.

Dan saya tekankan sekali lagi, Bahwa TIDAK ADA JURUSAN KULIAH YANG TIDAK BAIK, KARENA JURUSAN KULIAH ITU BAIK SEMUA, dan …….. semua itu tergantung dari Anda Sendiri, keputusan ada ditangan Anda.

Dan jangan sekali-kali mengambil jurusan kuliah yang dalam memilihnya Anda kurang sreg atau kurang yakin atau, misalnya saja karena paksaan orang lain dll. Karena hal itu nanti secara tidak langsung akan mengganggu psikis Anda, dan dapat berpengaruh terhadap proses kuliah Anda, bisa jadi nanti menjadi malas kuliah yang pada akhirnya kurang maksimal.

Jika Anda sudah memilih jurusan kuliah, segeralah niati dan buat tekad yang besar bahwa Jurusan yang Anda pilih adalah yang terbaik bagi Anda dan akan berdampak baik bagi Anda esok jika Anda sudah lulus, karena dengan niat yang kuat dan usaha ingin mendalaminya Anda akan menemukan sebuah hal yang mungkin tidak akan Anda dapatkan selama kuliah tersebut.
oke
Baik itu saja, yang dapat saya sampaikan mengenai tips mengambil jurusan kuliah yang tepat. Semoga Bermanfaat🙂

Sumber:http://ingin-tahu.com

2 responses

  1. kalau saya itu emang hoby dan sangat suka yang namanya lagu tapi suara saya gak bagus bagus amet gitu tapi tekat saya dah yakin ingin ngambil jurusan seni nah itu bagaimana

    25 Mei 2012 pukul 11:38 am

    • Lanjutkan apa yg jadi keinginanmu…emg seni harus punya suara bagus???ya nggaklah gan….kalau suka lagu..ya bikin band…atau nyiptain lagu…syukur2 nanti bisa tenar kaya grup band dewa…hahahaa…itu sih menurutku…xixi

      26 Mei 2012 pukul 10:50 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s