Hidup Untuk Berbagi

Rumah Terakhir Beberapa Mantan PM

Sejarah Indonesia mencatat ada 10 orang yang pernah menjadi Perdana Menteri (PM) saat Indonesia bersistem parlementer. Mungkin, banyak orang yang sudah lupa. Di sinilah ‘rumah’ mereka sekarang.

soetan syahrir
Perdana Menteri (PM) pertama dijabat oleh Soetan Sjahrir. Sjahrir menjadi PM pertama, dari 14 November 1945 hingga 20 Juni 1947. Sjahrir meninggal dunia di Zurich, Swiss sebagai tawanan politik 9 April 1966. Jenazahnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

amir syarifudin
Gundukan tanah tanpa nisan yang diyakini sebagai makam eks PM ke-2, Amir Sjarifuddin di Desa Ngaliyan, Karanganyar. Amir yang tokoh Partai Nasional Indonesia (PNI) itu diisukan terlibat dalam pemberontakan PKI di Madiun. Pada 19 Desember 1948, Amir ditembak mati

moh.hatta
PM ketiga adalah Mohammad Hatta. Mantan Wakil Presiden RI pertama ini meninggal dunia di Jakarta pada 14 Maret 1980 dan dimakamkan di Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Mungkin inilah makam yang paling megah. Mohammad Hatta pernah meminta agar jasadnya ketika meninggal tidak dikubur di TMP Kalibata agar bisa dekat dengan masyarakat.

abdul halim
Abdul Halim menjadi PM keempat pada 16 Januari 1950 dalam usia 39 tahun. Pria yang berasal dari nonpartisan ini hanya setengah tahun menjabat PM. Halim yang merupakan seorang dokter ini mengabdikan diri di RSCM. Halim meninggal dunia pada tahun 1988 dan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

m.natsir
Gundukan makam di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat. Disinilah Muhammad Natsir -mantan PM kelima- dikubur. Natsir yang menjadi salah seorang tokoh Islam ini meninggal pada 1993. Istrinya pun akhirnya dikuburkan di lubang yang sama.

wilopo
Wilopo menjadi PM ketujuh, dalam usia 44 tahun. Sebelum menjadi PM, Wilopo pernah menjadi menteri di Kabinat Amir Syarifuddin I dan II dan menteri di kabinet Sukiman-Suwirjo. Wilopo meninggal dunia 1981 dan dimakamkan di Tanah Kusir.

ali
Ali Sastroamijoyo menjadi PM kedelapan pada 30 Juli 1953. Tokoh dari PNI ini menjadi PM ketika berusia 50 tahun. Ali meletakkan jabatannya pada 11 Agustus 1955. Ali Sastroamijoyo meninggal dunia pada 1976 dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata.

baharudin
PM ke-9 dijabat oleh Burhanuddin Harahap dari Masyumi pada 11 Agustus 1955. Burhanuddin yang alumnus Fakultas Hukum UGM ini harus meletakkan jabatan PM pada 20 Maret 1956. Burhanuddin meninggal dunia pada 1987 dan dimakamkan di Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

ghfhgf
Djuanda Kartawijaya dari PNI menjadi PM kesebelas pada 9 April 1957, dalam usia 46 tahun. Djuanda menjadi PM untuk terakhir kalinya, hingga 5 Juli 1959. Pada tanggal 5 Juli 1959 lahir dekrit yang menyatakan kembali ke UUD 45. Djuanda meninggal pada 1976 dan jenazahnya dimakamkan di TMP Kalibata.

hghgh
Kuburan Sjafruddin Prawiranegara, mantan Waperdam dan mantan Ketua PDRI. Makamnya ditindih jenazah istrinya yang meninggal awal Agustus 2006

Source=DEtik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s