Hidup Untuk Berbagi

Beberapa Makanan Penghilang Stress

Lagi Strezz? Cobalah beberapa makanan penghilang stress berikut ini untuk membantu Anda. Tapi tentunya tidak sekedar makanan saja, pola hidup sehat dan olahraga yang rutin pun harus dilakukan untuk membantu menghilangkan stress.

Berikut ini adalah beberapa makanan penghilang stress yang bisa Anda coba :

1. Makanan atau Camilan Manis
makanan manis penghilang stress
Mereka yang diet mungkin akan menjauhi makanan manis ini, tapi perlu Anda ketahui kalau makanan atau camilan manis ini juga bisa bermanfaat saat kita stress. Gula yang terkandung dalam makanan atau camilan manis tersebut memiliki sifat menenangkan.

Namun, jangan sampai Anda kebablasan makan makanan atau camilan manis terlalu banyak. Karena makanan atau camilan manis yang berlebihan bisa saja memicu timbulnya masalah kesehatan lain seperti diabetes atau obesitas. Untuk itu, makanlah secukupnya.

2. Bayam
bayam menghilangkan stress
Sayuran hijau yang satu ini memiliki banyak penggemar tentunya. Mulai dari anak-anak sampai dewasa. Tidak hanya menyehatkan, bayam juga mengandung banyak folate dan vitamin B untuk memproduksi serotonin.

Folate tersebut dapat membantu mengurangi stress yang Anda alami. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, Anda akan memenuhi kebutuhan folate untuk tubuh Anda. Dua mangkuk bayam per harinya sudah cukup untuk memenui kebutuhan tersebut.

3. Jeruk, Alpukat, Pisang
jeruk alpukat pisang
Buah-buahan tersebut dapat membantu Anda mengurangi stress. Aroma jeruk akan membuat Anda segar dan kandungan vitamin C didalamnya akan membentuk sistem imun pada tubuh. Rasa gurih dan manis dalam alpukat bisa membantu mengurangi rasa gelisah Anda. Sedangkan kandungan potassium pada pisang dapat mengurangi ketegangan.Sebuah penelitian di Jerman dalam bidang Psychopharmacology menemukan, bahwa vitamin C membantu mengurangi stres serta mengembalikan tekanan darah dan kortisol ke tingkat normal. Vitamin C juga terkenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Susu & Yoghurt
susu dan yoghurt
Memiliki kandungan kalsium dan vitamin B yang cukup tinggi. Selain untuk membantu menguatkan tulang dan penting untuk urat syaraf tubuh, kandungan dalam yoghurt juga bisa menstabilkan mood. Hal ini bisa membantu Anda untuk merasakan rileks.

5. Kacang-kacangan
kacang-kacangan
Kacang almond, pistachio, walnut dipercaya dapat membuat kepala dan hati Anda lebih tenang saat mengkonsumsinya. Pilih kacang-kacangan yang dibakar atau disangrai, atau oles selai almond butter dalam sarapan roti Anda. Kandungan vitamin B akan membantu tubuh bertahan di saat menghadapi keadaan yang tidak menyenangkan. Segenggam pistachio sehari terbukti mampu menurunkan tekanan darah, sehingga jantung tidak perlu bekerja terlalu keras.

6. Salmon / Tuna
salmon dan tuna
Sushi atau sashimi yang berasal dari daging salmon atau tuna baik dikonsumsi terutama bagi Anda yang sedang mengalami banyak masalah. Kandungan asam lemak omega 3 dalam salmon akan menjaga kortisol dan adrenalin agar tidak meluap-luap keluar. Selain itu dapat pula mencegah penyakit kardiovaskular, mengurangi resiko serangan jantung serta mencegah timbulnya penyakit depresi, lelah, perasaan labil hingga Alzheimer.

7. Oatmeal
oatmeal
Sarapan oatmeal di pagi hari ditambah susu dan buah selain praktis, juga akan membuat pikiran lebih relaks sepanjang hari. Kandungan karbohidrat dan serat di dalamnya mampu membuat otak memproduksi serotonin lebih banyak. Semakin lambat tubuh menyerap karbohidrat, semakin banyak serotonin mengalir dan Anda pun akan relaks lebih lama.

8. Ayam & Kalkun
ayam kalkun
Kalkun mengandung asam amino yang disebut L-tryptophan. Asam amino ini memicu pelepasan serotonin, zat kimia pada otak yang membuat tubuh merasa baik. L-Tryptophan memiliki efek menenangkan.

9. Ubi
ubi
Ubi jalar mampu mengurangi stres karena dapat memenuhi kandungan karbohidrat dan gula yang dibutuhkan tubuh ketika Anda sedang stres. Ubi kaya akan betakaroten dan vitamin lainnya, serta serat yang membantu tubuh Anda memproses karbohidrat dengan lambat.

10. Blueberry
blueberry
Antioksidannya mampu menangkal radikal bebas dan melindungi tubuh dari stress.

Selain terkenal akan kelezatannya,makanan tersebut juga dipercaya hadapi stress.Pilihlah makanan penghilang stress yang Anda sukai. Tapi ingatlah untuk tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Makanlah secukupnya hingga semangat dan energi Anda pulih kembali dan Anda pun siap menjalani aktivitas seperti sediakala.🙂

Source:hujan info ,melinda hospital ,lovely today ,thecrowdvoice

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s