Hidup Untuk Berbagi

Tips & Tricks Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

mengatasi darah tinggi

Hipertensi atau Darah Tinggi bila dibiarkan tak terkendali, dalam jangka panjang hipertensi dapat merusak otak, jantung, pembuluh darah, dan ginjal. Untunglah hipertensi termasuk penyakit yang bisa dikontrol dan dihindari, meski tanpa obat. Oke, kali ini akan saya ulas mengenai bagaimana cara mengobati darah tinggi / tekanan darah tinggi atau sering disebut hipertensi.

Salah satu cara untuk menghindari dan mengobati darah tinggi adalah menjaga berat tubuh ideal, kemudian melakukan hal-hal berikut ini:

1. Jalan kaki
Rutin melakukan jalan cepat ternyata efektif untuk menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi hingga 8 mmhg. Olahraga juga membantu jantung lebih efisien menggunakan oksigen sehingga tidak akan bekerja terlalu keras memompa darah. Lakukan berbagai jenis latihan kardio minimal 30 menit setiap hari.

2. Tarik napas
Latihan olah napas dan bermeditasi, seperti yoga atau taichi efektif untuk menurunkan hormon stres. Tingginya hormon stres akan meningkatkan renin, enzim ginjal yang bisa menaikkan tekanan darah. Lakukan latihan napas minimal 5 menit pada pagi dan malam hari. Menarik napas dalam juga akan mengendurkan semua tensi.

3. Konsumsi makanan berpotasium
Menurut Linda Van Horn, PhD, profesor pencegahan penyakit dari Northwest Universitity Feinberg School of Medical, banyak mengonsumsi makanan yang kaya potasium, seperti buah dan sayur, sangat baik untuk menurunkan tekanan darah.

Sumber potasium terbaik antara lain kentang, tomat, orange juice, pisang, kacang-kacangan, belewah, melon, serta buah yang dikeringkan, seperti kismis. Konsumsi potasium minimal 2000 – 4000 mg per hari, saran Linda.

4. Batasi sodium
Konsumsi garam sebaiknya tak lebih dari 2,4 gr per hari (sodium) atau 6 gr per hari (NaCl). Agar konsumsi garam tetap terkendali, perhatikan label makanan untuk mengetahui kadar sodiumnya serta kurangi fastfood karena biasanya tinggi kandungan garamnya.

5. Konsumsi dark chocolate
Berbagai jenis dark chocolate mengandung flavanols yang bisa membuat pembuluh darah lebih luwes. Sebuah studi menunjukkan, 18 persen pasien yang mengonsumsi dark chocolate menunjukkan turunnya tekanan darah.

6. Relaksasi
Penelitian yang dilakukan para peneliti dari Universitas Florence, Italia, mengungkapkan pasien hipertensi yang melakukan relaksasi dengan cara mendengarkan musik selama 30 menit sambil menarik napas dalam-dalam menunjukkan penurunan angka sistolik hingga 3,2 poin.

Tambahan

Pengobatan hipertensi biasanya dikombinasikan dengan beberapa obat diuretik seperti Tablet Hydrochlorothiazide (HCT) dan Lasix (Furosemide). Obat tersebut merupakan golongan obat hipertensi yang bekerja dengan merangsang pengeluaran cairan tubuh melalui urin.

Ada pula Beta-blockers seperti Atenolol (Tenorim) dan Capoten (Captopril). Obat-obat tersebut dipakai dalam upaya pengontrolan tekanan darah dengan cara memperlambat kerja jantung dan memperlebar (vasodilatasi) pembuluh darah.

Calcium channel blockers seperti Norvasc (amlopidine) dan Angiotensinconverting enzyme (ACEjuga biasa digunaan dalam pengontrolan darah tinggi atau hipertensi. Obat-obat tersebut bekerja dengan melenturkan dan melebarkan pembuluh darah.

Satu lagi metode lezat untuk mengobati tekanan darah tinggi, yaitu terapi jus. Anda dapat memilih jus buah, sayur, atau kombinasi dari keduanya. Buah dan sayuran merupakan sumber vitamin, mineral, serat dan zat-zat berkhasiat lainnya yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kesehatan tubuh.Selain untuk meningkatkan kesehatan, buah dan sayuran juga banyak dimanfaatkan untuk terapi pengobatan. Kandungan mineral, vitamin, karotenoid, dan komponen lainnya yang terdapat pada buah dan sayuran diantaranya berkhasiat sebagai antioksidan untuk mencegah kanker, mengatasi gangguan pencernaan, menurunkan kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi.
gambar buah obat darah tinggi
Beberapa jenis buah-buahan dan sayuran yang berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi antara lain seledri, ketimun, labu siam, selada air, lobak, tomat, belimbing wuluh, belimbing manis, semangka, wortel, pisang, apel, dan kiwi.

Berikut ini beberapa resep sehat untuk Anda coba. Pertama, kombinasi antara 200 gram labu siam dan mentimun yang dijus lalu minum airnya. Kedua, seledri kecil, lada air, dan air dingin. Bahan-bahan tadi diblender, disaring, dan airnya diminum dua kali sehari. Selanjutmya, perpaduan antara belimbing manis dan semangka yang dijus dan minum airnya saja.

Wortel 250 gram, 50 gram seledri, dan 2 siung bawang putih juga dapat dijus bersama air, disaring, lalu diminum. Gabungan pisang ambon, tomat, jeruk mandarin, dan air juga dapat menjadi pilihan. Alternatif lain yaitu sari buah Mengkudu. Pilihan lain, pegagan segar yang diblender dengan air matang; dan minum selagi segar.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s