Hidup Untuk Berbagi

Semanis Gula-Seputar Mengenai Gula Dan Macamnya

Beruntunglah bagi teman-teman yang kini bisa bebas menikmati gula, mulai dari sebagai pemanis minuman hingga sebagai bahan pembuatan kue. Padahal, konon di zaman kekaisaran Romawi, saat gula baru muncul “menyaingi” madu yang dipakai sebagai pemanis alami, gula hanya bisa digunakan untuk kalangan elit, yaitu orang-orang kaya dan kaum bangsawan. Kini, variasi gula makin beragam. Sama-sama manis, tetapi masing-masing gula tersebut mempunyai cita rasa yang berbeda.


gula merah

GULA MERAH

Lebih dikenal sebagai gula jawa, Gula merah merupakan kelompok gula yang dibuat dari nira(cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon keluarga palem-paleman) pohon kelapa,aren,atau siwalan. Setelah cairan direbus hingga kental, lalu dicetak dalam tabung bamboo atau bathok kelapa. Warna gula Jawa atau gula merahpun cukup bervariasi, mulai dari coklat muda hingga kehitaman. Ini berkaitan dengan tingkat kematangan saat air nira tersebut direbus diatas api. Agar lebih mudah larut, gula merah harus disisir halus. Atau, bisa juga dengan direbus dengan air hingga larut, popular disebut kinca, Jika ditambahkan dengan daun pandan, aromanya pasti akan lebih wangi….😛

gula batu

GULA BATU

Gula Batu sebenarnya sama seperti gula pasir, namun proses pengolahannya tidak sampai kristalisasi. Bentuknya yang merupakan bongkahan besar membuat gula ini tidak cepat larut saat diseduh dengan air panas. Untuk teman-teman penggemar teh poci, gula batu adalah pendamping yang paling mantap dan paling pas. Gula ini Akan larut secara perlahan seiring dengan obrolan bersama teman. Cita rasa manisnya pun Akan berbaur sedikit demi sedikit dengan air seduhan teh.
gula pasir

GULA PASIR

Di Asia, Gula pasir banyak dibuat dari tebu, sedangkan di Eropa, gula pasir dibuat dari bit. Gula pasir di pasaran ada yang halus dan putih bersih serta ada pula yang kasar dan kekuningan. Gula pasir yang halus dengan warna lebih putih ini biasa disebut Castor Sugar dan sering digunakan untuk membuat kue karena cepat larut saat dikocok bersama bahan lainnya. Warnanya yang putih bersih juga memberikan nilai tambah karena tidak Akan membuat kue tampak ‘kotor’. Sedangkan gula pasir yang berwarna kekuningan dengan butiran yang cenderung besar, dipakai untuk pemanis dalam pembuatan teh, kopi karena cita rasanya yang lebih manis.
palm zuiker

PALM ZUIKER

Dikenal juga dengan sebutan palm sugar atau gula semut. Dianamakan gula semut karena bentuk gulanya mirip seperti rumah semut yang ada di permukaan tanah. Palm Zuiker merupakan gula merah versi bubuk yang telah diproses dengan cara yang lebih modern. Gula ini sering digunakan untuk membuat adonan cake. Cita rasanya tak terlalu manis. Jika suka, palm zuiker juga bisa di jadikan sebagai taburan di atas roti tawar pengganti messes.
brown sugar

BROWN SUGAR

Gula pasir yang dibubuhi molasses sehingga warnanya kecoklatan. Jika susah ditemukan, alternative penggantinya adalah palm zuiker. Teman-teman juga dapat membuatnya sendiri loh..dengan cara mencampurkan 255gr gula pasir dengan satu sendok makan molasses. Di pasaran dikenal turbinado sugar , muscovado, atau demerara sugar. Sebenarnya ini adalah natural brown sugar  yang berbeda dari brown sugar biasa. Natural Brown Sugar ini merupakan gula merah mentah(raw sugar) yang warnanya masih kecoklatan, lalu dikeringkan hingga berbentuk bubuk.
gula bubuk yang manis

GULA BUBUK

Ini adalah gula pasir yang dihaluskan hingga berbentuk bubuk. Banyak dipakai untuk adonan kue yang tidak memerlukan proses pengadukan terlalu lama, seperti kue kering. Kue yang dihasilkanpun Akan berpori-pori lebih rapat sehingga lebih renyah. Gula bubuk dapat di aduk bersama air jeruk dan putih telor ayam hingga menjadi butter cream untuk dioleskan pada cake.
icing sugar

ICING SUGAR

Bubuknya yang halus membuat icing sugar kerap disamakan dengan gula bubuk. Tetapi, icing sugar lebih halus, warnanyapun lebih putih, dan jika dicicipi terasa lebih dingin. Biasanya dijadikan taburan untuk kue donat atau kue kering lainnya semisal kue putri salju, dapat juga dijadikan sebagai butter cream untuk olesan cake.
cube sugar

CUBE SUGAR

Sebenarnya adalah gula pasir yang di-pres hingga berbentuk dadu. Cube sugar Akan melarut secara perlahan ke dalam minuman panas. Bentuknya yang cantik membuat cube sugar ini kerap disajikan dengan high tea.

  • Agar tidak cepat menggumpal, simpan gula dalam wadah bertutup rapat ditempat yang kering.
  • Jika ingin melarutkan gula dalam minuman dingin, buatlah menjadi simple syrup. Perbandingannya adalah 100gr gula pasir direbus bersama 50ml air. Untuk penambah aroma dapat ditambahkan daun pandan atau serai.
  • Gula merupakan bumbu masak alami. Oleh sebab itu, bubuhkan sedikit gula pada akhir proses memasak agar cita rasa masakan anda ‘TERANGKAT’.

 

 

 

2 responses

  1. ternyata gula itu macemmacem ya kak……….

    6 Agustus 2012 pukul 9:05 pm

    • iya dunk…🙂

      7 Agustus 2012 pukul 6:49 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s